Senin, 06 Januari 2014

METODE KERJA / PROSES TAHAPAN KERJA PUBLIC RELATIONS



METODE KERJA / PROSES TAHAPAN KERJA PUBLIC RELATIONS :
  • Penelitian (Research)
  • Perencanaan (Planning)
  • Pengiatan (Action)
  • Evaluasi (Evaluation)
Penelitian (Research)
  • Tahapan pertama (fact finding) dalam memastikan informasi dan data mengenai organisasi, persoalan (problem) atau situasi, khalayak, serta sikap dan opini public.
  • Segala keterangan harus diambil atau diperoleh selengkap mungkin. Berupa data faktual.
  • Penelitian bisa dilakukan secara kualitatif & kuantitatif.
Perencanaan (Planning)
  • Dari Tahap Penelitian meningkat ke tahap perencanaan. Pada tahap ini PRO melakukan Penyusunan masalah (problem).
  • Selanjutnya dilakukan pemikiran sebuah konsep pemecahan masalah tersebut.
  • kemudian dibuat sebuah perencanaan matang dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.
  • perencanaan termasuk waktu, kiat/cara yang dilakukan, bagaimana melakukannya, serta siapa pelakunya, termasuk anggaran dan target yang dibutuhkan.
Penggiatan (action)
  • Tahapan kegiatan action dalam konteks tahapan proses PR adalah merupakan kegiatan komunikasi. Komunikasi antar persona, komunkasi kelompok dan komunikasi mass media.
Evaluasi (Evaluation)
  • Evaluasi adalah tahap terakhir setelah tahapan penelitian, perencanaan dan action tersebut.
  • Tujuan tahapan evaluasi adalah untuk mengetahui apakah kegitan PR tersebut benar-benar dilaksanakan menurut rencana bedasarkan penelitian atau tidak.
  • evaluasi merupakan tahapan penilaian

1 komentar:

Anonim mengatakan...

maaf itu diambil dari buku apa dan halaman berapa ?
mau dijadikan footnote