Sabtu, 23 November 2013

Strategi Public Relations


         menurut Ahmad S. Adnanputra, batasan pengertian mengenai strategi Public Relations adalah alternatif optimal yang dipilih untuk ditempuh guna mencapai tujuan Public Relations dalam kerangka suatu rencana Public Relations (Ruslan, 2005:124). Dan berikut penjelasan secara detil mengenai 4 tahap/ proses Public Relations :
1.    Analyze Situation
          Pada tahap ini muncul pertanyaan “apakah yang terjadi sekarang?” Ini menunjukkan bahwa praktisi Public Relations perlu untuk menganalisis situasi yang ada hubungan diantara perusahaan dan publik. Hal ini penting diketahui untuk mengetahui dan memahami situasi dari permasalahan yang ada. Data/ fakta bisa diperoleh melalui penelitian berupa observasi langsung, wawancara, serta metode-metode lainnya yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data.

2.    Planning and Programming
          Setelah informasi tentang “apa yang sedang terjadi sekarang?” dikumpulkan, maka Public Relations akan mendapat gambaran mengenai permasalahan yang terjadi. Public Relations harus mampu untuk bisa menemukan solusi pemecahan atas permasalahan yang terjadi yakni dengan merencanakan strategi yang tepat. Adapun strategi tersebut bisa berupa strategi jangka pendek maupun strategi jangka panjang, sesuai dengan permasalahan yang terjadi.
3.    Taking Action and Communication
          Dalam upaya mengambil tindakan, Public Relations harus mengetahui setiap kategori publiknya. Ini dikarenakan dalam menjalankan strategi Public Relations, kategori publik mungkin memiliki asumsi masing-masing. Dan juga hal ini berpengaruh pada bagaimana komunikasi yang akan disampaikan nantinya. Apakah memerlukan media/ sarana lainnya yang bisa menunjang proses komunikasi, pesan seperti apa yang hendak disampaikan, dan lain-lain.
4.    Evaluation
          Langkah terakhir adalah dengan mengevaluasi dari proses strategi Public Relations yang sudah dilaksanakan. Evaluasi perlu dilakukan untuk mengetahui apakah strategi tersebut sudah tepat dalam upaya memcahkan permasalahan yang terjadi dan juga untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dari strategi yang telah dibuat tersebut. Dengan melakukan evaluasi, Public Relations akan mampu untuk bisa membuat strategi lainnya yang lebih baik. Tak terkecuali juga evaluasi bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji dampak yang terjadi dari pelaksanaan strategi Public Relations tersebut.

Tidak ada komentar: