menurut Ahmad S. Adnanputra, batasan
pengertian mengenai strategi Public
Relations adalah alternatif optimal yang dipilih untuk ditempuh guna
mencapai tujuan Public Relations dalam kerangka suatu rencana Public Relations (Ruslan, 2005:124). Dan
berikut penjelasan secara detil mengenai 4 tahap/ proses Public Relations :
1.
Analyze Situation
Pada tahap
ini muncul pertanyaan “apakah yang terjadi sekarang?” Ini menunjukkan bahwa
praktisi Public Relations perlu untuk
menganalisis situasi yang ada hubungan diantara perusahaan dan publik. Hal ini
penting diketahui untuk mengetahui dan memahami situasi dari permasalahan yang
ada. Data/ fakta bisa diperoleh melalui penelitian berupa observasi langsung,
wawancara, serta metode-metode lainnya yang bisa digunakan untuk mengumpulkan
data.
2.
Planning and
Programming
Setelah
informasi tentang “apa yang sedang terjadi sekarang?” dikumpulkan, maka Public Relations akan mendapat gambaran
mengenai permasalahan yang terjadi. Public
Relations harus mampu untuk bisa menemukan solusi pemecahan atas
permasalahan yang terjadi yakni dengan merencanakan strategi yang tepat. Adapun
strategi tersebut bisa berupa strategi jangka pendek maupun strategi jangka
panjang, sesuai dengan permasalahan yang terjadi.
3.
Taking Action and
Communication
Dalam upaya mengambil tindakan, Public Relations harus mengetahui setiap
kategori publiknya. Ini dikarenakan dalam menjalankan strategi Public Relations, kategori publik
mungkin memiliki asumsi masing-masing. Dan juga hal ini berpengaruh pada
bagaimana komunikasi yang akan disampaikan nantinya. Apakah memerlukan media/
sarana lainnya yang bisa menunjang proses komunikasi, pesan seperti apa yang
hendak disampaikan, dan lain-lain.
4.
Evaluation
Langkah terakhir adalah dengan
mengevaluasi dari proses strategi Public
Relations yang sudah dilaksanakan. Evaluasi perlu dilakukan untuk
mengetahui apakah strategi tersebut sudah tepat dalam upaya memcahkan
permasalahan yang terjadi dan juga untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus
diperbaiki dari strategi yang telah dibuat tersebut. Dengan melakukan evaluasi,
Public Relations akan mampu untuk
bisa membuat strategi lainnya yang lebih baik. Tak terkecuali juga evaluasi
bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji dampak yang terjadi dari pelaksanaan
strategi Public Relations tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar