Sabtu, 23 November 2013

CARA BERFIKIR DEDUKTIF DAN INDUKTIF


DEDUKTIF
-          Yaitu carra berfikir dari yang umum kepada yang khusus
-          Apa saja yang dipandang benar pada semua peristiwa dalam suatu kelas atau jenis, maka berlaku juga sebagai hal yang benar pada semua peristiwa yang termasuk dalam kelas atau jenis itu.
-   Alat untuk mencapai pengetahuan dengan dedukasi adalah Silogisme , yaitu suatu argument yang terdiri dari tiga buah proposisi. Dua yang pertama disebut premis mayor dan premis minor, sedang yang ketiga disebut konklusi
-          Silogisme ada 4 jenis:
1.      Silogisme kategorik
Contoh: semua manusia akan mati (Premis Mayor), Raja adalah manusia (Premis Minor), Jadi, raja akan mati juga (konklusi)
2.      Silogisme Kondisional Hipotetik
Contoh: jika suatu mobil remnya blong, maka penumpangnya dalam bahaya (Premis Mayor), Mobil itu remnya Blong (Premis Minor), Jadi, penumpang mobil itu dalam bahaya (konklusi)
3.      Silogisme Alternatif
Contoh: saya harus kawin atau meneruskan kuliah (Premis mayor), Saya tidak akan meneruskan kuliah (Premis Minor), Jadi saya harus kawin (konklusi)
4.      Silogisme Disjungtif atau Melerai
Contoh: tidak mungkin orang miskin bermewah-mewahan (Premis Mayor), Orang itu miskin (Premis Minor), jadi tidak mungkin oraqng itu bermewah-mewahan (konklusi).
INDUKTIF
-          Yaitu cara berfikir dari yang khusus kepada yang umum.
-contoh: solat harus mengandung zikir, zakat harus mengandung zikir, puasa harus mengandung zikir, jadi semua ibadah harus mengandung zikir.

Tidak ada komentar: