Upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam menjamin
pencapaian dari tujuan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility) yang dilakukan dengan berbagai
strategi. Strategi-strategi yang dilakukan oleh perusahaan sudah pasti harus
bisa disesuaikan dengan visi, misi, tujuan, objek, dan kebutuhan riil stakeholder. Adapun strategi Corporate Social Responsibility antara
lain :(Hadi, 2011:144)
a)
Program dengan sentralisasi
Yakni
program aplikasi tanggung jawab yang berpusat di perusahaan. Artinya,
perusahaan merencanakan, menentukan jenis program, merumuskan strategi
perusahaan, dan juga bertindak sebagai pelaksana dari program yang telah
direncanakan tersebut.
b)
Program dengan desentralisasi
Yakni program
aplikasi tanggung jawab dimana perusahaan berperan sebagai pendukung kegiatan (supporting media). Dalam program ini,
hal-hal seperti perencanaan, strategi, tujuan, dan target termasuk pelaksanaan
ditentukan oleh pihak lain selaku mitra. Perusahaan disini hanya memposisikan
diri sebagai supporting, baik dana, sponsorship, maupun material.
c)
Mixed Type
Yakni program aplikasi tanggung jawab dengan
menggunakan pola memadukan antara program sentralisasi dengan disentralisasi.
Yakni dimana program aplikasi tanggung jawab tidak dilakukan oleh perusahaan
ataupun pihak pendukung saja, namun mereka bekerjasama dalam program aplikasi
tanggung jawab yang direncanakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar