Sabtu, 23 November 2013

Strategi Corporate Social Responsibility


              Upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam menjamin pencapaian dari tujuan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility) yang dilakukan dengan berbagai strategi. Strategi-strategi yang dilakukan oleh perusahaan sudah pasti harus bisa disesuaikan dengan visi, misi, tujuan, objek, dan kebutuhan riil stakeholder. Adapun strategi Corporate Social Responsibility antara lain :(Hadi, 2011:144)
a)    Program dengan sentralisasi
     Yakni program aplikasi tanggung jawab yang berpusat di perusahaan. Artinya, perusahaan merencanakan, menentukan jenis program, merumuskan strategi perusahaan, dan juga bertindak sebagai pelaksana dari program yang telah direncanakan tersebut.
b)   Program dengan desentralisasi
     Yakni program aplikasi tanggung jawab dimana perusahaan berperan sebagai pendukung kegiatan (supporting media). Dalam program ini, hal-hal seperti perencanaan, strategi, tujuan, dan target termasuk pelaksanaan ditentukan oleh pihak lain selaku mitra. Perusahaan disini hanya memposisikan diri sebagai supporting, baik dana, sponsorship, maupun material.
c)    Mixed Type
     Yakni program aplikasi tanggung jawab dengan menggunakan pola memadukan antara program sentralisasi dengan disentralisasi. Yakni dimana program aplikasi tanggung jawab tidak dilakukan oleh perusahaan ataupun pihak pendukung saja, namun mereka bekerjasama dalam program aplikasi tanggung jawab yang direncanakan.

Tidak ada komentar: